UKM Seni The Ampe STIE Yapis Dompu NTB

Salam Budaya...!

Mari kita mengenal Apa itu "UKM Seni The ampe" STIE Yapis Dompu.
Tentu semua orang sudah tahu betul apa itu STIE Yapis Dompu: yaitu sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi yang ada di Dompu atau lebih jelasnya "STIE" Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. sedangkan "Yapis" Yayasan Pendidikan Islam.
Lalu apakah itu "UKM Seni The ampe" ??
"UKM" singkatan dari unit Kegiatan Mahasiswa, "Seni" menandakan sebuah wadah kesenian bagi mahasiswa, "The ampe" adalah singkatan dari Theater Mahasiswa Pencinta Seni.
UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu adalah Organisasi Internal Kampus yang di lindungi oleh bada hukum STIE Yapis Dompus serta di sahkan/legalitas oleh pihak lembaga akademik STIE Yapis Dompu dan UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu memiliki AD/ART tersendiri sebagai aturan dalam beroganisasi yang di sesuaikan juga dengan Aturan/kode etik pihak lembaga Akademik STIE Yapis Dompu.

#Sejarah UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu:

Didirikan di Kampus STIE Yapis Dompu pada tanggal 9 maret 2009 oleh beberapa Mahasiswa STIE Yapis Dompu yaitu atas nama Suharjon, Fadly, Wanda, Ardi, Reni, DKK. dan berdirilah sebuah Organisasi ini dengan pementasan teatrikal di pelataran kampus STIE Yapis Dompu (2011) yang di saksikan atau di hadiri oleh pejabat perguruan tinggi.
Sesuai berjalannya waktu roda organisasi ini fakum karena Sebagian Anggota sibuk dengan study serta ada yang sudah wisuda dan ada yang cuti. beberapa tahun berjalan dari tahun ke tahun tidak ada aktifitas apapun dalam keorganisasian ini dan tidak ada generasi ataupun perekrutan anggota baru serta Organisasi ini pun hilang dari ruang akademik.
Dan Akhirnya pada tanggal 26 Oktober 2014 "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" Kembali  bangkit lagi oleh saudara Suharjon dengan mengkosolidasi beberapa Mahasiswa STIE Yapis Dompu. pada daat itu suharjon kembali aktif kuliah di STIE Yapis selama menghabiskan masa cuti study, Suharjon membawa sebuah cahaya baru untuk menerangi kembali organisasi yang telah lama mati suri.
"UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" Mulai aktif karena upaya suharjon dengan menkonsolidasi rekan mahasiswa kala itu. Hadirlah sosok beberapa orang Mahasiswa STIE Yapis Dompu, yang siap eksistensi dalam beroganisasi dan berkarya, Yaitu: Muh.Fauqurrahman, Zulfahminsyah, Muhamad Adhar, Dedy Rachmat, Arif Rahman, Nicken juliant, Lulu Fadlun, DKK. setelah itu ditetapkanlah pada akhir tahun 2014 "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" Jilid ke dua yaitu mengulang kembali dengan melahirkan pendiri baru.
Setelah itu para Pendiri "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu"  langkah awal mereka yaitu mengadakan rapat sederhana atau berdiskusi layaknya organisasi lain, yang dimana mereka mulai membuat rencana kerja serta membahas AD/ART sekalian MUBES. Dengan Membentuk Kepengurusan baru demi menjalankan visi misi keorganisasian kedepannya.
Pada saat itu keluarlah hasil keputusan Struktur keorganisasian "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" antara lain:
- Ketua Umum: Dedy Rachmat
- Sekretaris Umum: Arif Rahman
- Bendahara Umum: Lulu Fadlun
- Kordinator Divisi Teater: Muhammad Adhar
- Kordinator Divisi Tari: Nicken Julian
- Kordinator Divisi Musik: Zulfahminsyah
- Divisi All Of Art: Muh.Fauqurrahman.
Mereka bukan cuma sekedar pengurus tapi mereka adalah Pendiri UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu.
Setelah terbentuknya kepengerusan mereka mulsi. menyusun program kerja untuk kedepannya. Yang dimana pada saat itu mereka mulai membangun kembali Sekretariat dengan meminta izin pihak lembaga STIE Yapis Dompu.
lokasi sekret itu berada di pojok depan timur pelataran kanpus yaitu di sebuah tanah yang di genangi air serta banyak tumpukan sampah atau kata lain yaitu lahan kampus yang tidak terpakai yang belum di timbun serta masih banyak rerumputan serta lumpur.
Pada saat itu di sela waktu kuliah/study, para Pendiri sekaligus  Dewan Pengurus mulai menimbun tempat untuk di bangun sekretariat "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu".
Tidak ada kata lelah dan tidak ada kata malu, mereka mengangkut mencangkul tanah, mencari sisa material bangun di berbagai titik lokasi sekitaran Daerah Dompu yaitu Batu kerikil, bongkahan batu bata, serta tanah, trus diangkut dengan mengunakan motor dan gerobak.
Setelah ke esokan hari atau beberapa puluhan hari berjalan, lahan atau tanah itu di timbun sedemikian rupa hingga terbentuk struktur tanah menjadi sedikit rata.
Kemudian ke esokan harinya lagi mereka mencari bongkahan kayu atau sisa limbah industri serta kayu sisa pembongkaran bangunan yang telah tidak terpakai atau yang telah di buang, mereka mendapatkan kayu-kayu itu dari berbagai tempat yang ada di seputaran daerah Dompu. Kayu sisa itupun diangkut dengan menggunakam sepedamotor serta di tenteng terkadang mereka juga dapat bantuan mobil pengangkut terus di bawa ke kampus atau di area sekretariat.
Sekretariat pun di bangun dengan sesederhana mungkin yang tidak mempunyai atap, hanya bangku dan meja kayu hasil sampah bangunan yang di pungut di jalan dan tempat kontruksi. Sungguh mulia demi membangun Organisasi.
Organisasi tanpa sekretariat tidak akan ada artinya seprti Kantor kalau tidak ada bangunannya apa tentu di bilang kantor, begitupun organisasi akan di katakan organisasi jika punya sekretariatan atau kata lain tempat melakukan adninistrasi keorganisasian serta kelengkapan organisasi.
Sekretariat "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" Telah di bangun walau hanya tempat duduk untuk berkumpul saja yang tanpa atap. Tapi bukan cuma di area lahan sekretariat saja mereka membangun tempat duduk melainkan sampai di area pelataran kampus mereka membangunnya ada beberapa buah sehingga bermanfaat juga bagi rekan mahasiswa lain maupun kata lainnya civitas akademik STIE Yapis Dompu.
Roda Organisasi terus berjalan di sekretariat yang tak punya atap, jika hujan dan panas matahari mereka tak mampu bertahan di sekretariatnya sehingga bergegas lari dan pindah duduk di teras kelas ruang akademik.
Setiap sela waktu kuliah atau waktu libur mereka mengagendakan jadwal latihan kesenian dengan dasar-dasar mengenal seni dan budaya.
pada Awal Tahun 2015 "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" kembali merealisasi Program Kerja dengan mengadain Donor Darah, Pentas Musik, dll. Di pelataran Kampus STIE Yapis Dompu. Kegiatan tersebut sukses serta civitas akademik menyambut dengan baik dan antusias warga Dompu sangat kuarbiasa dalam memeriahkan sekaligus berpatisipasi dalam Donor Darah.
Seiring berjalannya waktu pada Bulan Oktober 2015. "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" Merealisasikan lagi Program kerja dengan membuka pendaftaran perekrutan anggota baru yaitu Workshop Open Rekrutmen 1, yang artinya perekrutan anggota angkata pertama. Pada saat itu banyak mahasiswa baru yang berminat dan mau bergabung.
Worshop Open Rekrutmen pertama di mulai dengan Workshop indoor (Ruangan) dilakukan satu hari saja di Ruangan Kelas STIE Yapis Dompu, Yang di hadiri oleh beberapa tutor atau ahli kesenian dan budaya.
Yang di hadiri oleh:
-Bapak Muhammad Solihin, S.pd (Guru Seni Budaya/Pelaku seni)
-Raka mariko (Fotografer/Seniman(
-dan beberapa tutor lainnya serta di dampingi juga oleh dewan pengurus "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu".
Setelah Workshop Ruangan terus di lanjutkan lagi dengan Workshop lapangan.
Lanjut ke esokan harinya Workshop lapangan yaitu berjalan dua hari. bertempat di area Hutan Alam Danau. Dan singkat pada akhirnya pengukuhan serta pengakatan anggota baru atau Angkatan pertama yang di beri nama "Pure(Piur) yang artinya  Kemurnian/ Seni murni" dengan jumlah 6 orang anggota.
Pada akhir tahun 2015 "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" Mulai eksesis lagi yang dimana para anggota mulai sibuk latihan kesenian seperti: latihan teater, musik, tari, seni rupa, dll. Setelah itu mereka tampil musik di berbagai acara yang ada di Dompu.
Pada awal Tahun 2016, "UKM Seni The ampe STIE Yapis Dompu" merealisasikan Program kerja Kepengurusan akhir perioade 2015/2016. Yaitu mengadakan MUBES (Musyawarah Besar).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Berantai Antara ; Pecinta, Pejuang Dan Penjual Telur Oleh Sastra

CONTOH PUISI TENTAN KEBUDAYAAN

Aturan Penomoran Surat